Jumat, 18 Januari 2008

VISUAL BASIC 6.0 Introduction

Visual Basic.. kata yang sangat popular di kalangan pemrogram baik yang mahir maupun pemula. Visual Basic adalah sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan dari QuickBasic yang berbasis DOS.

Visual Basic telah melalui sejumlah versi dari produk aslinya dan sangat jauh berbeda dari produksi awalnya. Visual Basic 1.0 dirilis pad pertengahan tahun 1991, dikembangkan dari QuickBasic yang berbasis DOS, bahas pemrograman BASIC versi Microsoft. Visual Basic dirancang untuk kemudahan penggunaan dan memungkinkan para programmer generasi baru membuat apilkasi untuk sistem operasi Windows. Versi pertama ini pada dasarnya adalah versi grafis dari QuickBasic, dan memasukkan tool-tool untuk pembuatan elemen antar muka-pengguna.

Pada awal 1992 dirilis Visual Basic Professional Toolkit. Ini merupakan sekumpulan paket dari kontrol kustom tambahan yang dibuat oleh Microsoft dan perusahaan lain. Orientasi obyek pada saat itu dan reusabilitas menjadi konsep penting dalam pengembangan perangkat lunak. Meskipun Visual basic sendiri jauh dari sebuah bahasa berorientasi obyek, dukungannya pada kontrol kustom adlah langkah yang di nilai benar.

Visual Basic 2.0 dirilis pada tahun 1992. Dalam versi ini terdapat tipe data varian, konstanta True dan False, serta variabel obyek. Variabel obyek membuat Visual Basic berada one step di depan para pesaingnya dalam berorientasi obyek dengan kemampuannya mendeklarasikan dan merujuk obyek (dalam C dikenal dengan pointer).

Pada saat itu VBSQL dan ODBC API adalah satu-satunya access methode yang tersedia yang bisa digunakan. Keduanya menyediakan akses 16-bit. ODBC API adalah sebuah antar muka yang rumit dengan cara belajar yang memerlukan konsentrasi tinggi, begitu pula dengan VBSQL yang dianggap meragukan sebagai antar muka VB asli untuk SQL Server.

Visual Basic 3.0 dirilis pada tahun 1993 dan berisi kontrol data standar. Ini akan menyediakan akses database dalam aplikasi dengan pengkodean yang minimal. Versi ini juga mendukung kontrol VBX(16-bit). Selain itu, versi ini juga disertai dengan mesin database Jet versi 1.1. Mesin ini digunakan untuk konektivitas database melalui DAO (Data Access Objects). Mesin ini (Jet) hingga sekarang telah mencapai versi 4.0 dimana terdapat ADO (Active Data Objects) adalah metode akses data yang disukai karena merupakan salah satu komponen utama dalam strategi Universal data Access microsoft.

Tahun 1995 dirilis Visual Basic 4.0. Versi ini mengakomodasi kecanggihan pengembangan perangkat lunak dengan adanya teknologi OLE dan kemampuan untuk membuat obyek. Selan itu juga terdapat OCX yaitu kontrol kustom 32-bit, disamping kemampuan untuk mengakses aplikasi lain, seperti Word dan Excel dalam Visual Basic menggunakan VBA (Visual Basic for Applications).

Versi ini juga disertai dengan Remote Data Objects (RDO) dan Remote Data Control. RDO adalah sebuah metode akses data yang dirancang dari bawah ke atas (Down to Up) untuk menggantikan DAO. Pustaka ActiveX 32-bit ini lebih kecil dan lebih cepat daripada DAO serta dirancang dengan sebuah hierarki obyek yang sama dengan ODBC API. Remote Data Control hingga saat ini tidak pernah atau jarang digunakan karena sering dihinggapi berbagai masalah.

Visual Basic versi 5.0 dirilis pada tahun 1997, mendukung standar Component Object Model (COM) Microsoft dan memungkinkan membuat sebuah kontrol ActiveX. Versi ini merupakan sebuah langkah maju karena di dalamnya para pengembang bisa membuat kontrol dan DLL sendiri dalam Visual Basic dimana sebelumnya tidak mungkin.
Pada tahun 1998 dirilis Visual Basic 6.0, dimana didalamnya sudah termasuk metode baru yang telah ditingkatkan dari versi sebelumnya untuk berinteraksi dengan SQL Server. Versi ini juga sudah termasuk akses data yang telah ditingkatkan, tool dan kontrol baru yang dipakai bersama database seperti ADO Data Control, fitur internet yang telah ditingkatkan (seperti kelas Web), dan sejumlah wizard baru.

ADO 2.0 diluncurkan bersama Visual Basic 6.0. Antar muka ke OLE DB ini sama dengan RDO namun dengan struktur yang kurang hierarkis dan lebih kecil. ADO dirancang bagi perusahaan besar dan aplikasi internet dan merupakan salah satu komponen utama dalam Universal Data Access (UDA) Microsoft. Versi terbaru dari ADO adalah 2.7.

Visual Basic merupakan bagian dari suite tool pengembangan Microsoft yang disebut Visual Studio, yang juga di dalamnya terdapat Visual C++, Visual FoxPro, Visual Interdev, Visual J++ dan Visual SourceSafe. Jika ingin membeli Visual Basic, anda harus mengetahui bahwa perangkat lunak ini terdiri dalam tiga edisi. Yaitu:
Learning Edition merupakan versi skala bawah yang berisi lingkungan dan kontrol-kontrol pengembangan dasar. Juga dilengkapi dengan CD multimedia untuk belajar Visual Basic.

Profesional Edition Memiliki fitur-fitur dari edisi sebelumnya yang juga di tambah dengan kontrol ActiveX tambahan, Visual Database Tools, Data Environment Designer, dan DHTML Page Designer. Edisi ini merupakan versi yang mempunyai fitur paling lengkap, antara lain berupa fungsionalitas pengembangan Internet.

Enterprise Edition Memasukkan semua fitur dari Profesional Edition ditambah tool Back Office, seperti SQL Server, Microsoft Transaction Server, IIS dan Visual Sourcesafe. Versi ini digunakan untuk mendukung aplikasi-aplikasi terdistribusi skala perusahaan besar dan menyediakan semua tool untuk integrasi penuh dengan SQL Server dan lainnya.


DAFTAR PUSTAKA
Siebold, Dianne, (2001), Visual Basic Developer’s Guide to SQL Server, Cetakan Kedua, PT. Elex Media Komputindo: Jakarta.
Petroutsos, Evangelos, (2002), Pemrograman Database dengan Visual Basic 6.0, Cetakan Kedua, PT. Elex Media Komputindo; Jakarta.
Aditia, Mochammad Eka, (2007), Visual Basic Sebuah Bahasa, Catatan/Jurnal; Sukabumi

Tidak ada komentar: